Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fadli Zon Dukung BEM UI Tolak Pakta Integritas

Kamis, 17 September 2020 – 18:27 WIB
Fadli Zon Dukung BEM UI Tolak Pakta Integritas - JPNN.COM
Politikus Partai Gerindra Fadli Zon. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendukung Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia menolak menandatangani Pakta Integritas untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2020-2021. Dia mengingatkan bahwa jangan sampai hal tersebut memasung hak politik.

"Tolak “Pakta Integritas”, dukung @BEMUI_Official," kata Fadli di akun @fadlizon di Twitter, Kamis (17/9).

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan segala bentuk pemasungan hak politik jelas bertentangan dengan hak asasi manusia.

Fadli juga mengingatkan jangan sampai I9 yang biasanya hadir dalam setiap perubahan zaman, menjadi menara gading atau sekadar sekrup dari kekuasaan.

"UI biasanya hadir dalam setiap perubahan zaman. Jgn sampai hanya menjadi menara gading atau sekadar sekrup dr kekuasaan," twit ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) itu.

Seperti diketahui, Pakta Integritas itu antara lain berisi larangan untuk tidak terlibat dalam politik praktis yang mengganggu tatanan akademik dan bernegara.

Selain itu, mahasiswa juga tidak diperkenankan melaksanakan dan atau mengikuti kegiatan yang bersifat kaderisasi atau orientasi studi atau latihan maupun pertemuan yang dilakukan sekelompok mahasiswa atau organisasi kemahasiswaan, yang tidak mendapat izin resmi dari pimpinan fakultas dan atau pimpinan UI.

Belakangan pihak UI meralat pakta tersebut dan berdalih yang beredar di media bukanlah pakta integritas yang asli. (boy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Fadli Zon mendukung BEM UI menolak Pakta Integritas untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2020-2021 karena menganggap itu sebagai pemasungan hak politik.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close