Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fadli Zon Tegaskan Presidential Threshold Banyak Mudarat

Senin, 09 Oktober 2017 – 13:43 WIB
Fadli Zon Tegaskan Presidential Threshold Banyak Mudarat - JPNN.COM
Fadli Zon. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyatakan bahwa ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold nol persen tidak hanya membuat pemilu jauh lebih demokratis. Menurutnya, ketiadaan presidential threshold juga akan meminimalkan transaksi politik.

"Nol persen itu lebih banyak menfaatnya ketimbang mudaratnya. Dan itu sesuai dengan konstitusi di mana setiap warga negara berhak untuk dipilih dan memilih. Jadi jangan dibatasi," ucap Fadli di kompleks Parlemen Jakarta, Senin (9/10).

Saat ini Mahkamah Konstitusi (MK) sedang menyidangkan permohonan uji materi atas UU Pemilu. Salah satu ketentuan yang diuji adalah tentang presidential threshold 20 persen jumlah kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional.

Fadli menyebut presidential threshold hanyalah upaya partai-partai mendukung pemerintah untuk mengutamakan kepentingan penguasa. Yakni membatasi munculnya lawan-lawan politik yang berpotensial di Pilpres 2019.

"Saya kira memang berusaha untuk membatasi lawan-lawan politik. Tidak percaya diri dengan suatu kompetisi bebas. Jadi dibuat sedemikian rupa dengan tingkat kesulitan. Padahal 20 persen (mengacu hasil pileg) yang lalu, itu sudah selesai, sudah basi dipakai lagi," tambah wakil ketua umum Gerindra itu.(fat/jpnn)

Fadli Zon menyebut presidential threshold hanyalah upaya partai-partai mendukung pemerintah untuk mengutamakan kepentingan penguasa.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close