Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Faktor Eksternal Diyakini Dorong Sentimen Positif Rupiah Hari Ini

Rabu, 12 Februari 2020 – 10:42 WIB
Faktor Eksternal Diyakini Dorong Sentimen Positif Rupiah Hari Ini - JPNN.COM
Uang Rupiah. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Faktor eksternal diprediksi mengangkat pergerakan nilai tukar rupiah hari ini, Rabu (12/2), terhadap dolar AS.

Pada pukul 09.33 WIB, rupiah bergerak menguat 16 poin atau 0,12 persen menjadi Rp13.659 per dolar AS dari sebelumnya Rp13.675 per dolar AS.

"Pernyataan Jerome Powell semalam bisa memberikan sentimen positif ke aset berisiko termasuk rupiah karena ekonomi AS sebagai ekonomi terbesar di dunia masih kuat hingga saat ini, tidak ada tanda-tanda resesi," kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta.

Kendati demikian, di sisi lain Gubernur The Fed Jerome Powell juga menyatakan kekhawatirannya terhadap virus corona bagi pertumbuhan ekonomi global.

Lembaga pemeringkat global Standard & Poors (S&P) dalam analisisnya juga mengatakan bahwa virus corona bisa menekan laju pertumbuhan ekonomi global sebanyak 0,3 persen dan China sebesar 0,5 persen hingga 1 persen.

Penasihat keamanan gedung putih Robert O’brien, juga menekankan dampak negatif virus corona terhadap implementasi kesepakatan dagang AS-China fase satu.

Menurut Ariston, semua kejadian di atas bisa menekan rupiah sebagai aset berisiko.

"Rupiah masih diuntungkan karena negara kita masih belum ada orang yang dinyatakan terinfeksi virus corona," ujar Ariston.

Faktor eksternal diprediksi mengangkat pergerakan nilai tukar rupiah hari ini, Rabu (12/2), terhadap dolar AS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close