Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Family Office di Indonesia: Apa Untungnya, Apa Risikonya?

Kamis, 11 Juli 2024 – 23:46 WIB
Family Office di Indonesia: Apa Untungnya, Apa Risikonya? - JPNN.COM
Family office diusulkan dibentuk di Indonesia. Usul ini menurut Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sudah disetujui Presiden Joko Widodo.  (Supplied: Unsplash)

Akhir bulan lalu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan usulnya kepada Presiden Joko Widodo untuk membentuk Family Office.

"Saya bilang sama Pak Jokowi, 'Pak, family office itu dia ada 1.500 di Singapura. Kita satu aja Enggak punya'," katanya di MINDialogue CNBC Indonesia.

"Saya bilang ‘Bapak Presiden, kalau Bapak setuju kita coba di sini’. [Dan dijawab Jokowi] setuju, Pak Luhut," tambah Luhut menirukan pembicaraannya dengan Presiden Jokowi. 

Luhut yakin family office yang menyasar keluarga kaya bakal menarik mereka karena tak akan dipungut pajak, sampai mereka berinvestasi dan menciptakan lapangan kerja baru.

Ia menjelaskan yang paling penting adalah uang orang kaya akan berada di Indonesia sehingga menjadi devisa bagi negara.

#apafamilyoffice

Apa itu family office?

Singkatnya, menurut akademisi dari School of Business and Management Institut Teknologi Bandung, Dr Raden Aswin Rahadi, family office adalah entitas swasta yang dibentuk untuk mengelola kekayaan keluarga yang sangat kaya.

"Mereka menangani berbagai aspek keuangan termasuk investasi, manajemen aset, perencanaan pajak, dan bahkan layanan gaya hidup," kata Aswin.

Jujur saja, siapa di sini yang masih bingung soal istilah 'family office' yang belakangan ini santer di media? Enggak perlu khawatir, berikut penjelasan tentang 'family office' yang kami coba tuliskan untuk Anda

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close