Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fee Based Income Perbankan Turun

Rabu, 22 Oktober 2008 – 13:58 WIB
Fee Based Income Perbankan Turun - JPNN.COM
JAKARTA - Sektor perbankan tak hanya menghadapi ancaman kekeringan likuiditas (liquidity squeez). Sektor bisnis intermediasi itu juga menghadapi potensi penurunan pemasukan dari pendapatan nonbunga (fee based income). Ini adalah imbas krisis finansial global.

Demikian disampaikan Direktur Treasury dan International PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk Bien Subiantoro. Menurut dia penurunan fee based income dipicu oleh turunnya kegiatan perdagangan internasional. ''Perkiraan kami bisa turun hingga 20 persen,'' ujarnya di sela Seminar Perbanas di Jakarta kemarin (21/10).

Bien mengatakan, Indonesia termasuk negara dengan tingkat kegiatan ekspor/impor cukup tinggi. Karena itu, perlambatan pertumbuhan ekonomi global jelas akan sangat berpengaruh, terutama terhadap kinerja ekspor. ''Ini mulai terasa pada kuartal ketiga tahun ini,'' katanya.

Bien menambahkan, ketatnya likuiditas, terutama valuta asing dalam bentuk USD, juga membuat perbankan untuk menjalankan optimalisasi valas guna menjaga fee based income. ''Jadi, valas akan diprioritaskan untuk perdagangan internasional saja,'' terangnya.

JAKARTA - Sektor perbankan tak hanya menghadapi ancaman kekeringan likuiditas (liquidity squeez). Sektor bisnis intermediasi itu juga menghadapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close