Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Fenomena Magnetik di Baturraden

Selasa, 19 April 2011 – 09:23 WIB
Fenomena Magnetik di Baturraden - JPNN.COM
PURWOKERTO - Fenomena Magnetik tidak hanya terjadi terjadi di Madinah, Saudi Arabia. Kekuatan daya magnet juga ditemui di jalan Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang Banyumas, sebelah timur Telaga Sunyi Baturraden, menuju arah BPPTU-BP Limpakuwus sepanjang 30 meter.

Tanpa menyalakan mesin, mobil ataupun motor bisa berjalan sendiri oleh tarikan daya magnet. Puluhan orang yang penasaran membuktikan sendiri fenomena alam tersebut. "Ya, kalo lewat jalan ini, rasanya jadi semakin cepat," ungkap Yamin (20), pemuda Karangmngu Baturraden yang juga sudah mencoba, Senin (18/4).

Bukan hanya dari masyarakat saja yang menilik tempat tersebut, namun juga dari pihak kepolisian mencobanya. Seorang anggota polisi kemudian mematikan mesin mobilnya di area adanya medan magnet. Sesaat kemudian mobil yang diparkir jalan sendiri. "Sudah direm, tapi tarikannya tetep kuat," ucap Briptu Rohim, anggota Polres Banyumas.

Dosen Jurusan Geologi Fakultas Teknik dan Sains Universitas jenderal Soedirman purwokerto, Muhammad Aziz yang melakukan pengamatan langsung di lokasi medan magnet belum bisa memastikan penyebab fenomena itu. "Jika dicek menggunakan kompas, tidak ada tanda-tanda adanya gaya magnetik. Hal ini dibuktikan dengan arah jaru kompas selalu menunjukan arah yang tepat," ucapnya.