Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Ferdinand: Pak Jokowi Jangan Dibiarkan Sendirian, Lawannya Banyak

Sabtu, 05 Desember 2020 – 17:43 WIB
Ferdinand: Pak Jokowi Jangan Dibiarkan Sendirian, Lawannya Banyak - JPNN.COM
Ferdinand Hutahaean saat jadi tamu NGOMPOL JPNN.com. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Eks politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean blak-blakan soal perjalanan politiknya dari mendukung Joko Widodo (Jokowi) hingga berganti jadi oposan, dan belakangan balik lagi berpihak kepada pemerintahan yang dipimpin suami Iriana itu.

Dalam program NGOMPOL (Ngomongin Politik) JPNN.com sebagaimana dikutip pada Sabtu (5/12), Ferdinand memberikan jawaban diplomatis ketika ditanya sikap politiknya yang kerap berubah-ubah itu.

"Seperti saya sampaikan, saya itu politiknya kebangsaan. Saya 2012 sudah turun ke jalanan mendukung Pak Jokowi, ketika beliau masih wali kota di Solo," ucap Ferdinand.

Pria kelahiran 18 September 1977 ini menyebut pertemuannya dengan Jokowi berawal ketika Wali Kota Solo periode 2005 - 2012 itu datang ke Jakarta membawa mobil Esemka. Mereka bertemu di kawasan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

Sejurus kemudian, Ferdinand mendirikan kelompok sukarelawan bernama Relawan Jokowi atau ReJo dan ikut mengawal kemenangan Jokowi - Jusuf Kalla di Pilpres 2014.

"Tetapi saya keluar ketika berbeda pendapat tentang subsidi BBM. Kala itu Pak Jokowi ingin menghapus subsidi BBM, saya masih memimpin lembaga Energy Watch Indonesia (EWI-red)," ungkap Ferdinand.

Saat itu, dia mengusulkan sekitar Rp 50 triliun dari dana subsidi itu diberikan untuk memperbaiki pelayanan BPJS Kesehatan, namun ditolak karena pemerintah ingin membangun infrastruktur jalan tol dan lainnya.

Ferdinand juga menolak pembangunan Tol Trans Sumatera yang sekarang sudah diresmikan, dan berfungsi dari Lampung hingga Palembang.