Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Festival Danau Sentarum Membangkitkan Produk UMKM di Perbatasan Indonesia - Malaysia

Minggu, 04 Desember 2022 – 07:15 WIB
Festival Danau Sentarum Membangkitkan Produk UMKM di Perbatasan Indonesia - Malaysia - JPNN.COM
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan memakai peci ukiran Dayak terbuat dari kain tenun khas Kapuas Hulu pada Festival Danau Sentarum, di Lanjak Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA (Antara/Teofilusianto Timotius)

jpnn.com - KAPUAS HULU - Festival Danau Sentarum yang dipusatkan di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, digelar 1-4 Desember 2022. 

Menurut Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, Festival Danau Sentarum itu tidak hanya untuk mempromosikan wisata alam saja.

Namun, kata dia, Festival Danau Sentarum itu juga membangkitkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat daerah perbatasan Indonesia - Malaysia

"Rata-rata yang ada di stan pameran merupakan produk UMKM. Itu menunjukkan geliat ekonomi masyarakat meningkat," kata Diaan di Putussibau, Kapuas Hulu, Sabtu (3/12).

Dia menjelaskan beberapa produk UMKM itu, di antaranya, kerajinan tangan seperti tenun, ukiran manik, dan pernak-pernik yang terbuat dari manik.

Kemudian, sejumlah produk unggulan masyarakat, yaitu madu hutan dan hasil olahan ikan.

Menurut Fransiskus Diaan, potensi produk UMKM tersebut harus terus digali dan dikembangkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat.

“Kapuas Hulu itu kaya akan sumber daya alam, wisata alam, serta kearifan lokal adat istiadat serta budaya yang dapat menjadi daya tarik orang luar berkunjung ke Kapuas Hulu," ujarnya.

Festival Danau Sentarum diyakini membangkitkan produk UMKM di perbatasan Indonesia - Malaysia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close