Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Festival Pacu Jalur di Kuansing Dibuka, 193 Perahu Adu Cepat di Arena

Rabu, 23 Agustus 2023 – 18:04 WIB
Festival Pacu Jalur di Kuansing Dibuka, 193 Perahu Adu Cepat di Arena - JPNN.COM
Suasana di Tepian Narosa, Kabupaten Kuansing yang jadi arena Festival Pacu Jalur Tradisional 2023. Foto:Diskominfo Riau.

jpnn.com, KUANSING - Festival Pacu Jalur Tradisional 2023 di Kota Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau resmi dibuka pada Rabu (23/8).

Sebanyak 193 jalur atau perahu dari Kuansing maupun daerah lain di Riau bakal berlomba jadi yang tercepat selama lima hari, 22-27 Agustus 2023.

Festival Pacu Jalur di Kuansing Dibuka, 193 Perahu Adu Cepat di ArenaPacu Jalur di Kuansing beberapa waktu lalu. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

Tahun ini, Festival Pacu Jalur Tradisional mengambil tema "Sarontak Bakayuah Nagori Bermarwah".

Maknanya adalah dengan mendayung bersama, apa yang dicita-citakan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kuansing dapat dicapai.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto yang membuka event itu berharap pergelaran Pacu Jalur 2023 di Kota Jalur dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat Kuansing, terutama dalam pertumbuhan ekonomi.

"Fetival Pacu Jalur Tradisional 2023 resmi dibuka. Semoga pacu jalur dapat berjalan aman, lancar, sukses, dan bisa meningkatkan pendapatan UMKM," ujar SF Hariyanto.

Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Suhardiman Amby menjelaskan bahwa pacu jalur merupakan budaya masyarakat yang turun temurun dan hingga saat ini masih digelar dan ada di hati masyarakat Kuansing.

Festival Pacu Jalur Tradisional 2023 di Kota Taluk Kuantan, Kuansing resmi dibuka pada Rabu (23/8). Event itu diikuti 193 perahu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close