Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Festival Pangan Lokal 2022 Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan untuk Tanaman

Minggu, 13 November 2022 – 22:36 WIB
Festival Pangan Lokal 2022 Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan untuk Tanaman - JPNN.COM
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar Festival Pangan Lokal 2022. Foto dok PKT

jpnn.com, SOLO - Festival Pangan Lokal 2022 di Pamedan Pura Mangkunegaran diisi dengan edukasi anak tentang pangan.

Sedikitnya 300 anak, peserta lomba mewarnai mendapatkan bibit tanaman pangan, seperti cabai dan tomat.

Ada pula lomba push bike yang juga diikuti anak-anak. Adanya lomba-lomba bagi anak-anak ini mendorong transaksi hasil olahan pangan yang digelar dalam Festival Pangan Lokal 2022.

"Kami ajak anak untuk mengenal bagaimana menanam, merawat tanaman," ujar Project Director Festival Pangan Lokal 2022 Wahyu Wulandari.

Festival Pangan Lokal 2022 turut menggerakkan masyarakat perkotaan untuk mengoptimalkan lahan di permukiman dengan aneka tanaman pangan, seperti yang dilakukan Badranaya Nurseri yang fokus membudidayakan tanaman buah dalam pot.

“Sekarang tersedia aneka varietas tanaman lombok, terong, tomat, dan aneka sayuran yang bisa ditanam di polybag atau pot yang bisa ditempatkan di teras rumah. Kualitasnya tidak kalah dengan tanaman di sawah atau pekarangan. Ini bisa menghemat uang belanja. Dengan tanah sejengkal, bisa didapat panen maksimal,” beber Wulan.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengapresiasi Festival Pangan Lokal 2022 yang selain melibatkan UMKM juga mendorong pemanfaatan lahan untuk pertanian utamanya urban farming.

Dia mengatakan Kota Solo selama ini sudah memiliki modal yang kuat terhadap pengembangan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Kementan.

Festival Pangan Lokal 2022 turut menggerakkan masyarakat perkotaan untuk mengoptimalkan lahan di permukiman dengan aneka tanaman pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close