Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fintech Bakal Punya Patokan Bunga

Minggu, 15 April 2018 – 01:17 WIB
Fintech Bakal Punya Patokan Bunga - JPNN.COM
Otoritas Jasa Keuangan. Foto: OJK

jpnn.com, JAKARTA - Bunga jasa financial technology atau fintech bakal punya benchmark alias patokan.

Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) telah menyelesaikan susunan rancangan kode perilaku (code of conduct) untuk penyelenggara fintech peer-to-peer (P2P) lending.

Draf tersebut saat ini diteliti Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aftech terbuka jika ada usul atau perubahan dari OJK mengenai rancangan code of conduct tersebut. 

Code of conduct merupakan kode etik dan perilaku yang dibuat sendiri oleh Aftech.

Mengingat fintech yang bisa tercatat, terdaftar, dan berizin di OJK hanya mereka yang sudah bergabung dalam Aftech, semua fintech P2P lending wajib mematuhi code of conduct tersebut.

Kode etik bakal berisi aturan penjagaan kerahasiaan data, transparansi kepada konsumen, serta sederet etika bisnis lainnya dalam penyelenggaraan bisnis P2P lending. Salah satu di antaranya, penentuan bunga. 

Wakil Ketua Bidang Jasa Keuangan Aftech Adrian Gunadi mengatakan, bunga yang diatur dalam code of conduct nanti dibeda-bedakan.

’’Misalnya, kisaran bunga pinjaman untuk segmen konsumer berapa, bunga pinjaman untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berapa, bunga pinjaman yang hanya sehari berapa, atau bunga pinjaman setahun berapa. Sebab, katanya ada yang kasih bunga satu persen per hari, tapi ada juga yang sembilan persen per tahun. Nah, itu terjadi karena segmennya beda. Jadi harus dibedakan,’’ kata Adrian saat diskusi bersama media, Jumat (13/4).

Bunga jasa financial technology atau fintech bakal punya benchmark alias patokan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close