Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

First Lady Apresiasi Kawasan Rumah Pangan Lestari

Rabu, 02 Agustus 2017 – 16:30 WIB
First Lady Apresiasi Kawasan Rumah Pangan Lestari - JPNN.COM
Iriana Joko Widodo (kanan). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG - Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengapresiasi keberhasilan Kementerian Pertanian dalam rangka pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), yang berlokasi di Desa Kohod, Pakuhaji, Kabupaten Tangerang.

Desa tersebut merupakan salah satu lokasi percontohan program Kampung Sejahtera yang digarap oleh 14 kementerian dan instansi pemerintahan. First Lady mengatakan, pemanfaatan pekarangan di sekitar rumah, mulai pengairan, kebun bibit desa, hingga pengolahannya sangat baik.

"Program ini harus selalu didampingi untuk memperbaiki teknologi pertaniannya dan berkelanjutan," kata dia sembari menyerahkan teknologi bibit tanaman obat, sayuran, dan bibit kepada masyarakat Desa Kohod, Rabu (2/8).

Program ini merupakan inisiasi Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang berisikan istri-istri menteri dan pejabat negara di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Dalam kunjungan ini, Iriana didampingi istri pejabat negara antara lain, Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Martati Amran Sulaiman, Tri Suswati Tito Karnavian, dan Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Desa Kohod merupakan salah satu dari tiga desa di Indonesia yang ditetapkan sebagai lokasi percontohan Kampung Sejahtera. Dari hasil kajian Universitas Gajah Mada, terdapat enam permasalahan yang dihadapi Desa Kohod yakni legal kepemilikan tanah, perumahan dan kawasan pemukiman, fasilitas umum, fasilitas sosial, kelembagaan, serta sumber daya dan sosial budaya yang masih belum memenuhi standar.

Desa Kohod sendiri hanya berjarak sekitar 100 meter dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Namun, kondisinya masih jauh dari kata ideal sebagai beranda ibu kota negara.

Karena permasalahan yang kompleks tersebut, pendekatan yang dilakukan tidak bisa dilakukan secara parsial, namun harus komprehensif dan melibatkan multisektor.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengapresiasi keberhasilan Kementerian Pertanian dalam rangka pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close