Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Flu Babi Diduga Sampai Malaysia

PM Kamboja Desak KTT ASEAN Darurat

Kamis, 30 April 2009 – 07:25 WIB
Flu Babi Diduga Sampai Malaysia - JPNN.COM
PERIKSA PENUMPANG : Petugas kesehatan Malaysia di Kuala Lumpur International Airport memeriksa para penumpang yang baru tiba dari Los Angeles, AS. Foto: REUTERS/Bazuki Muhammad (MALAYSIA SOCIETY HEALTH)
KUALA LUMPUR - Wabah flu babi kini telah mencapai kawasan Asia Tenggara. Seorang warga Malaysia yang diduga terjangkit flu babi saat ini tengah menjalani pemeriksaan dan observasi di RS Sungai Buloh, Selangor. ''Pria tersebut belum positif flu babi karena tes masih dilakukan,'' kata Menteri Kesehatan Malaysia Liow Tiong Lai seperti dilansir Associated Press kemarin (29/4).

Mengantisipasi hal itu, pemerintah Malaysia melakukan berbagai tindakan pencegahan flu babi. Mulai penempatan tim medis di seluruh negeri hingga menjaga kebersihan peternakan babi. Hingga sekarang, 34 di antara 797 peternakan babi di negeri jiran tersebut diawasi dan menjalani tes klinis.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen minta segera diadakan KTT ASEAN darurat untuk mengatasi wabah flu babi. ''Kita membutuhkan standar yang sama untuk mencegah dan melawan penyebaran flu babi yang sangat cepat,'' imbuhnya.

Negara-negara ASEAN sudah berpengalaman menghadapi wabah penyakit. Misalnya, saat menanggulangi sindrom pernapasan akut berat (severe acute respiratory syndrome/SARS) pada 2003. Kala itu, dalam beberapa pekan wabah SARS telah menjangkiti 8.000 orang di 37 negara. Lebih dari 770 orang tewas, 299 di antaranya dari Hongkong.

KUALA LUMPUR - Wabah flu babi kini telah mencapai kawasan Asia Tenggara. Seorang warga Malaysia yang diduga terjangkit flu babi saat ini tengah menjalani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close