Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fondasi Ganjar Untuk Wujudkan Indonesia Maju: Digitalisasi Hingga Berantas Korupsi

Senin, 18 September 2023 – 04:10 WIB
Fondasi Ganjar Untuk Wujudkan Indonesia Maju: Digitalisasi Hingga Berantas Korupsi - JPNN.COM
Ganjar Pranowo dalam acara 'Ganjar Menjawab Tantangan Masa Depan Indonesia', yang diadakan Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (17/9). Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Bakal calon presiden (bacapres) 2024 Ganjar Pranowo menyampaikan tiga fondasi untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju.

Tiga fondasi itu ialah digitalisasi dalam pemerintahan, membasmi korupsi, dan melipatgandakan anggaran negara untuk mewujudkan pelayanan berkualitas.

Menurut Ganjar, sistem digital pemerintahan harus ditingkatkan. Seperti digitalisasi urusan tender, pelayanan masyarakat, maupun perpajakan untuk menghilangkan celah tindak pidana korupsi.

Ganjar menyampaikan pengalamannya ketika menjabat gubernur Jawa Tengah dapat menghemat anggaran Rp 1,2 triliun melalui e-budgeting dan e-planning.

"Begitu dipotong dengan digitalisasi di pemerintahan, apa yang terjadi? Rp 1,2 triliun duit bisa dihemat," kata Ganjar dalam acara 'Ganjar Menjawab Tantangan Masa Depan Indonesia', yang diadakan Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (17/9).

Ganjar kemudian menekankan perlunya memerangi korupsi. Menurut Ganjar, budaya korupsi dapat dihapuskan dengan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam pemerintahan, mendorong budaya meritokrasi dan inovasi, melibatkan peran aktif masyarakat dalam perlawanan melawan korupsi, dan meningkatkan transparansi kinerja pemerintah.

"Kita mesti jadi pemerintahan yang bersih. Dan ini saya kira PR yang saat ini belum selesai dan kita takut untuk membicarakan secara terbuka, maka antikorupsi menjadi wajib," kata Ganjar.

Ganjar menyatakan antikorupsi harus dilakukan sejak dari dini. Kala menjabat gubernur Jawa Tengah, Ganjar mengajak semua kepala daerah di kabupaten/kota untuk kerja sama dengan KPK.

Ganjar Pranowo menyampaikan tiga pondasi utama yang harus dijalankan untuk menjadikan Indonesia negara maju.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close