Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Formappi: PSI Dituduh Manipulasi, tetapi Partai Lain Melonjak Dianggap Biasa Saja

Selasa, 05 Maret 2024 – 16:54 WIB
Formappi: PSI Dituduh Manipulasi, tetapi Partai Lain Melonjak Dianggap Biasa Saja - JPNN.COM
Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus. Foto/ilustrasi: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti bidang legislasi Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengaku heran dengan perdebatan atas kenaikan real count Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Alasannya karena kenaikan tidak hanya terjadi di partai yang dipimpin Kaesang Pangarep itu.

Lucius mengatakan, terjadinya lonjakan perolehan suara seharusnya wajar dalam perhitungan suara di KPU. Terlebih kenaikan tersebut tidak hanya terjadi pada PSI saja.

“Anggapan ini muncul karena hanya pada lonjakan suara PSI tudingan manipulasi muncul, sedangkan pada parpol lain yang juga mengalami kenaikan suara dianggap biasa saja,” katanya saat dihubungi, Selasa (5/3).

Jika yang menjadi perbandingan adalah hasil quick count dan real count, PSI bukan satu-satunya yang mengalami lonjakan melebihi quick count.

Dalam quick count Indikator, PKB hanya mendapatkan 10,49%. Namun, dalam real count KPU sementara, sudah mengantongi 11,54%.

Selain PKB, lonjakan juga terjadi pada Partai Gelora. Dalam quick count Indikator, Partai Gelora hanya mendapatkan 0,93%.

Sedangkan di real count KPU sementara, sudah mencapai 1,49%. PSI di quick count Indikator memeroleh 2,81% dan real count KPU sementara di 3,13%.

“Dan mestinya dalam proses yang tengah berlangsung lonjakan suara terbuka bagi parpol manapun karena data yang masuk hampir pasti akan memberikan tambahan perolehan suara partai-partai,” jelas Lucius.

Lucius mengatakan, terjadinya lonjakan perolehan suara seharusnya wajar dalam perhitungan suara di KPU. Terlebih kenaikan tersebut tidak hanya terjadi pada PSI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close