Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Forum Negara-negara Pasifik Terancam Pecah, Australia Turun Tangan Membantu

Selasa, 07 Juni 2022 – 22:35 WIB
Forum Negara-negara Pasifik Terancam Pecah, Australia Turun Tangan Membantu - JPNN.COM
Forum Negara-negara Pasifik teracam perpecahan setelah sejumlah anggotanya menyatakan akan menarik diri dari organisasi ini.  (Pool Photo via AP: Jason Oxenham)

Forum Negara-negara Pasifik (PIF) mengalami krisis perpecahan setelah sejumlah negara mikronesia mengancam mundur. Australia memainkan peran diplomatik untuk mengatasinya.

Beberapa pemimpin negara Kepulauan Pasifik akan bertemu hari Selasa (7/06) di Suva, ibukota Fiji, untuk membahas masa depan Pacific Islands Forum (PIF).

Pemerintah Australia telah memainkan peran penting dalam memfasilitasi pertemuan ini, termasuk menerbangkan tiga pemimpin negara mikronesia ke Suva.

PIF berada di ambang perpecahan sejak Sekretaris Jenderal saat ini, Henry Puna, memenangkan persaingan sengit untuk menduduki jabatan tersebut awal tahun lalu.

PM Fiji Frank Bainimarama merupakan ketua PIF, namun posisi Sekjen yang diperebutkan telah memicu timbulkan perpecahan.

Negara-negara mikronesia menuduh anggota PIF lainnya mengabaikan kesepakatan bersama tentang posisi kepemimpinan dan memulai proses penarikan diri dari organisasi ini.

Mereka sempat menangguhkan pengunduran diri itu pada Februari lalu, dengan alasan bahwa PIF telah berjanji untuk melakukan "reformasi substantif" pada struktur pengurus.

Sekjen PIF Henry Puna yang juga mantan Perdana Menteri Kepulauan Cook telah mengisyaratkan bahwa dia bersedia mundur demi keutuhan organisasi.

Forum Negara-negara Pasifik (PIF) mengalami krisis perpecahan setelah sejumlah negara mikronesia mengancam mundur

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close