Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Foto Kegersangan Tiongkok Sabet Prix Pictet

Sabtu, 01 November 2008 – 14:50 WIB
Foto Kegersangan Tiongkok Sabet Prix Pictet - JPNN.COM
PARIS- Lensa kamera Benoit Aquin kritis membidik landscape gersang di sepanjang Tiongkok Utara. Fotografer Kanada itu mengabadikan lahan-lahan subur pertanian di wilayah tersebut yang berubah menjadi padang pasir nan gersang.

Sepuluh foto Aquin yang menyabet Prix Pictet -penghargaan bagi karya-karya terbaik fotografer profesional dan amatir sedunia- adalah hasil penjelajahannya sampai menempuh 400 kilometer di kawasan utara Negeri Panda tersebut. Dia begitu jeli mengombinasikan satire dan paradoks. Di antaranya, dua perempuan berpakaian modis dengan kepala tertutup kerudung dan kacamata hitam berjalan menantang badai debu melintasi jalan di depan rumah-rumah bobrok di pusat Mongolia. Ada pula jalanan di Kota Hongsibao, Provinsi Ningxia, yang tertutup oleh ''pengungsi ekologis" dari desa-desa di sekitarnya yang kehilangan mata pencaharian.

Jepretan Aquin dan 17 pemenang lainnya saat ini dipajang di Palais de Tokyo, galeri di Paris. Karya terpilih bakal diarak keliling dunia, dimulai dari Dubai yang menjadi tuan rumah pertemuan World Economic Forum (Forum Ekonomi Dunia) nanti.

Ketua juri Prix Pictet Frances Hodgson mengatakan, penghargaan itu bertujuan mengkritik para pembuat kebijakan, baik di bidang bisnis, politik, maupun LSM agar memperhatikan kondisi global dan segera bertindak.

PARIS- Lensa kamera Benoit Aquin kritis membidik landscape gersang di sepanjang Tiongkok Utara. Fotografer Kanada itu mengabadikan lahan-lahan subur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close