Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Founder JCDC: Penuhi Hak Anak untuk Berkembang Secara Maksimal

Senin, 17 Juli 2023 – 09:12 WIB
Founder JCDC: Penuhi Hak Anak untuk Berkembang Secara Maksimal - JPNN.COM
Founder dan Managing Director Jakarta Child Development Center (JCDC) Nadia Emanuella Gideon (kanan) menjelaskan orang tua harus memahami profil anaknya di acara JCDC Parenting Safari di Kedoya, Jakarta, Sabtu (15/7). Foto: Dok. JCDC

jpnn.com, JAKARTA - Tumbuh kembang anak dan remaja di satu negara punya arti penting dalam menjamin keberlanjutan negara itu sendiri di masa depan.

Sayangnya, menjamin tumbuh kembang anak dan remaja dengan baik penuh dengan berbagai tantangan.

“Usia dini (0-6 tahun) merupakan periode emas sekaligus masa kritis yang menentukan kualitas anak di masa remaja dan masa dewasanya. Pemenuhan kebutuhan anak di usia dini merupakan suatu kewajiban bersama yang harus dilakukan demi masa depan bangsa,” kata Founder dan Managing Director Jakarta Child Development Center (JCDC) Nadia Emanuella Gideon dalam acara JCDC Parenting Safari, Sabtu (15/7).

Berdasarkan data Ikatan Dokter Anak di Indonesia, tahun 2018 ada 5-10 persen anak Indonesia mengalami kelambatan tumbuh kembang dan di tahun 2022 meningkat menjadi 30 persen.

Untuk Kesehatan mental menurut data dari National Adolescent Mental Health tahun 2018 ada 6,1 persen remaja terdiagnosa dengan gangguan mental dan meningkat di tahun 2022 menjadi 28 persen atau 1 dari 3 remaja terdiagnosa dengan gangguan mental.

Sebagai upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, sejalan dengan salah satu visi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), yaitu pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, JCDC berupaya untuk menjadi partner yang terpercaya bagi para orang tua dan individu dalam menghadapi tantangan dalam pengasuhan, mengoptimalkan tumbuh kembang dan kesehatan mental serta pengembangan diri anak dan remaja.

“Kami bekerja dalam berbagai disiplin ilmu dengan transdisiplin (ini level tertinggi dari multidisiplin) karena trans berarti satu anak diobservasi praktisi dari berbagai disiplin ilmu dan secara customize kami membuat dan melakukan program untuk anak dan remaja tersebut dengan melibatkan orang tua dalam pembuatan dan pelaksanaan program sebagai tim untuk bekerjasama dalam mendorong anak dan remaja, keluarga, dan individu untuk mencapai potensi terbaiknya dalam kemampuan dan tumbuh kembang anak dan remaja sesuai prinsip DIR Floortime yang kami pegang teguh yaitu semua anak memiliki potensi menjadi anak hebat. Tugas kita semualah untuk menciptakan dunia yang terbaik agar potensi ini bisa berkembang,” jelas Nadia.

Dia mengatakan isu pendidikan keluarga dan kesehatan mental menjadi topik yang banyak diperbincangkan dalam beberapa waktu terakhir.

Jakarta Child Development Center (JCDC) hadir untuk menjadi solusi tumbuh kembang anak dan remaja secara maksimal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close