Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

FTUI Pamerkan Inovasi Bus Listrik, Presiden Jokowi Terkesan

Kamis, 10 Agustus 2023 – 06:31 WIB
FTUI Pamerkan Inovasi Bus Listrik, Presiden Jokowi Terkesan - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat mengunjungi booth UI di LPDP Festival 2023, Aula The Kasablanka Hall, Tebet, Jakarta Selatan. Foto: dokumentasi FTUI

jpnn.com, JAKARTA - Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) memamerkan inovasi sistem propulsi bus listrik besutan Research Center for Advanced Vehicles (RCAVe) dalam LPDP Festival 2023, di Aula The Kasablanka Hall, Tebet, Jakarta Selatan.

Festival yang bertema "Enlivening Indonesia, Advancing The Nation" itu menjadi wadah pemerintah melalui LPDP dalam membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat mengunjungi booth UI.

Dalam kunjungannya, Jokowi berbincang dengan Direktur RCAVe FTUI Feri Yusivar yang juga penerima pendanaan RISPRO LPDP, mengenai pengembangan bus listrik hasil karya para dosen dan peneliti Universitas Indonesia.

“Presiden Jokowi terkesan dengan semangat inovasi dan dedikasi tinggi dari para peneliti RCAVe. Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menghadirkan solusi ramah lingkungan dan berkelanjutan di industri otomotif nasional,” ucap Feri dalam keterangannya, Rabu (10/8).

Pada pameran LPDP 2023, tim RCAVe menampilkan komponen-komponen inovatif dari sistem propulsi bus listrik UI, antara lain Inverter Motor Control, Vehicle Control Unit (VCU), Power Distributed Unit (PDU), Dashboard, dan Hybrid Control Unit (HCU).

Bus Listrik UI sendiri terwujud, karena dukungan pemerintah melalui LPDP yang menginvestasikan dana sebesar Rp 12,65 miliar untuk pengembangan platform bus listrik dan Rp 5 miliar untuk pengembangan sistem penggerak (motor listrik) oleh UI.

Feri Yusivar merupakan penerima pendanaan RISPRO LPDP untuk riset "Pengembangan Produk Sistem Penggerak Motor (Propulsi) untuk Bus Listrik Berukuran Besar”.

FTUI memamerkan inovasi sistem propulsi bus listrik besutan Research Center for Advanced Vehicles (RCAVe) dalam LPDP Festival 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close