Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Full Stack Developer Salah 1 Profesi Paling Dicari di Indonesia

Selasa, 18 Februari 2020 – 22:28 WIB
Full Stack Developer Salah 1 Profesi Paling Dicari di Indonesia - JPNN.COM
CTO GDP Venture On Lee. Foto: Dok Pri

jpnn.com, JAKARTA - Full stack developer menjadi salah satu profesi yang paling dicari seiring perkembangan startup yang makin pesat.

Namun, tingginya permintaan akan full stack developer berbanding terbalik dengan keterbatasan SDM yang mumpuni di bidang pekerjaan ini.

Bukhari Mardius, CEO dari GreenHCM sebagai perusahaan teknologi dalam bidang Human Capital Management, mengamini adanya tantangan tersebut.

“Di era digital dan terbatasnya talent di bidang IT, banyak startup yang sudah mulai mencari talent IT bahkan sebelum mereka lulus kuliah,” kata dia, Selasa (18/2).

Bukhari menjelaskan, kendala yang dihadapi calon kandidat full stack developer, khususnya bagi lulusan baru adalah materi yang diajarkan saat kuliah tidak sama dengan yang diimplementasikan.

“Kemampuan memecahkan masalah, menghadapi tantangan, pembelajar yang cepat, dan juga mau belajar hal baru pada teknologi, itu yang dibutuhkan perusahaan start-up,” papar Bukhari.

Tantangan dalam mencari full stack developer ikut dirasakan Managing Director Samsung Research Indonesia Alfred Boediman.

Dia biasanya menggunakan situs khusus untuk mengawasi para software engineer yang kompeten, seperti GitHub atau Stack Overflow.

Full stack developer menjadi salah satu profesi yang paling dicari seiring perkembangan startup yang makin pesat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close