Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

G-20 Sepakat Membantu Atasi Krisis Keuangan Internasional

Selasa, 11 November 2008 – 09:56 WIB
G-20 Sepakat Membantu Atasi Krisis Keuangan Internasional - JPNN.COM
JAKARTA - Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara G-20 menyepakati usulan Indonesia membentuk mekanisme dukungan pembangunan bagi negara-negara berkembang dalam mengatasi krisis keuangan internasional. Ini karena negara berkembang khususnya emerging markets banyak mengalami ketidakadilan.

Walaupun negara berkembang sudah memiliki fundamental ekonomi dan kerangka kebijakan yang baik, namun tetap terkena imbas krisis keuangan berupa kesulitan pendanaan. Padahal krisis keuangan global bukanlah kesalahan dari emerging markets.

"Anggota G-20 mendukung usulan Indonesia mengenai mekanisme support bagi pendanaan pembangunan di emerging markets yang berfundamental baik, namun terkena imbas dari tidak berfungsinya pasar akibat dampak krisis keuangan," kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati dari Sao Paolo, Brasil, seperti keterangan pers Depkeu, Senin (10/11).

Menkeu menjelaskan G-20 juga bersepakat mengenai pentingnya mengembalikan kepercayaan pasar terhadap sistem keuangan. Juga, membuat upaya bersama mengatasi kelangkaan likuiditas internasional. Serta, reformasi arsitektur keuangan global yang lebih mencerminkan keterwakilan negara-negara berkembang dan mekanisme pengawasan yang lebih baik bagi sektor keuangan.

JAKARTA - Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara G-20 menyepakati usulan Indonesia membentuk mekanisme dukungan pembangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA