Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gagasan Islam Merah Putih Sebuah Terobosan, Keren

Selasa, 26 April 2022 – 23:59 WIB
Gagasan Islam Merah Putih Sebuah Terobosan, Keren - JPNN.COM
Direktur Eksekutif Jaringan Moderasi Beragama Indonesia Islah Bahrawi. Foto: Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Jaringan Moderasi Beragama Indonesia Islah Bahrawi menyebut gagasan Islam Merah Putih yang dicetuskan Ketua DPR RI Puan Maharani merupakan terobosan menarik karena menghadirkan keseimbangan antara nasionalisme di satu sisi dan agama di sisi yang lain.

Menurut Islah, gagasan Islam Merah Putih ini juga menjadi penangkal hadirnya politik identitas berdasarkan agama yang saat ini masih menjadi ‘jualan politik’ pada setiap kali Pemilu.

“Ini konsep yang sangat keren. Saya suka. Ibu Puan Maharani menghadirkan keseimbangan antara nasionalisme dan agama,” ungkap Islah saat diskusi Politik Indonesia Point seri 6 bertajuk ‘Islam Merah Putih Puan Maharani’ yang digelar di Jakarta, Selasa (26/4).

Menurut Islam, konsep Islam Merah Putih akan menutup ruang atau celah bagi mereka yang memakai politik identitas berdasarkan agama.

“Gagasan Islam Merah Putih itu adalah politik tengah, tidak terlalu ke kiri, tidak terlalu ke kanan juga. Itu menjadi keuntungan tersendiri,” katanya.

Islah menjelaskan Islam Merah Putih yang disampaikan Puan tidak perlu diperdebatkan seakan-akan menjadi aliran baru dalam Islam sama halnya ketika orang mempersoalkan Islam Nusantara yang digagas Nahdlatul Ulama.

“Ini sama sekali tidak ada yang aneh, justru muncul sebagai terobosan baru yang sangat keren; ketika nasionalisme dan spiritualisme digandeng dalam satu kesatuan yang seimbang,” kata Islah

Dia menyebut ada yang menfasirkan aneh, sama dengan Islam Nusantara yang seakan ada aliran baru dalam Islam.

Islah Bahrawi menyebut gagasan Islam Merah Putih yang dicetuskan Ketua DPR RI Puan Maharani merupakan terobosan menarik karena menghadirkan keseimbangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close