Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gaikindo: Asosiasi Jepang Datang ke Indonesia untuk Pelajari Biodiesel B35

Jumat, 03 Maret 2023 – 11:26 WIB
Gaikindo: Asosiasi Jepang Datang ke Indonesia untuk Pelajari Biodiesel B35 - JPNN.COM
Gabungan Indonesia Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut berbagai industri otomotif dunia tertarik untuk mempelajari penggunaan biodiesel B35. Foto dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Gabungan Indonesia Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut berbagai industri otomotif dunia tertarik untuk mempelajari penggunaan biodiesel B35.

Sebelumnya, pada awal Februari lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) menyelesaikan rangkaian uji coba B35, yakni campuran biodiesel 35 persen dalam minyak solar.

Menurut Gaikindo, ada sejumlah negara tertarik untuk mempelajari capaian yang sudah dilakukan oleh Indonesia. Sala satunya ialah Jepang.

"Kami banyak mendapat kunjungan dari berbagai asosiasi otomotif dari luar negeri. Baru-baru ini asosiasi Jepang, mereka datang untuk mempelajari hal ini (Biodiesel B35) dari Indonesia," ungkap Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, di Jakarta, Kamis (3/3).

Dia menambahkan, Jepang telah menginstruksikan produsen lokal untuk dapat menghasilkan kendaraan yang benar-benar ramah lingkungan, terutama bagi kendaraan konvensional mereka.

"Dalam hal ini, giliran Jepang yang belajar dari Indonesia," ucap Nangoi dengan bangga.

Implementasi B35 merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk mengatasi krisis iklim dengan mengurangi emisi gas rumah kaca secara signifikan, yaitu percepatan energi yang inklusif, bersih, berkelanjutan dan mendorong investasi untuk mencapai Net Zero Emission. (Antara/jpnn)


Gabungan Indonesia Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut berbagai industri otomotif dunia tertarik untuk mempelajari penggunaan biodiesel B35.

Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close