Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gaji Naik Tak Jamin Kinerja PNS Membaik

Rabu, 06 Oktober 2010 – 16:46 WIB
Gaji Naik Tak Jamin Kinerja PNS Membaik - JPNN.COM
JAKARTA - Guru Besar Universitas Indonesia (UI), Profesor Eko Prasojo, menilai mengatakan kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) bukan jaminan bakal membaiknya kinerja PNS. Menurutnya, kualitas PNS tidak semata-mata ditentukan oleh kenaikan gaji.

"Sebesar apapun gaji mereka, saya pastikan, tidak akan memicu mereka untuk bekerja secara baik dalam melayani mesyarakat," kata Eko Prasojo saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi II DPR di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Rabu (6/10).

Dari pengalaman di banyak negara yang sangat baik kinerja pegawainya, papar Eko, ternyata kualitas kepegawaian berkorelasi dengan kualitas birokrasi. "Jadi alasan gaji kecil sesungguhnya tidak objektif. Yang dibutuhkan adalah reformasi aparatur negara agar pengelolaan pemerintahan bisa diselenggarakan secara profesional," tegasnya.

Dikatakan Eko, kenaikan gaji yang selama ini dilakukan secara bertahap dengan persentase 10-15 persen sesungguhnya lebih bernuansa politis praktis ketimbang membangun sebuah birokrasi yang profesional. "Perhatikan saja momentum yang dipakai, itu jelas hanya mengharapkan efek sesaat," ungkapnya.

JAKARTA - Guru Besar Universitas Indonesia (UI), Profesor Eko Prasojo, menilai mengatakan kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) bukan jaminan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA