Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gali Potensi Sineas Muda, Kemendikbud Gelar JFP 2012

Kamis, 11 Oktober 2012 – 23:09 WIB
Gali Potensi Sineas Muda, Kemendikbud Gelar JFP 2012 - JPNN.COM
Tokoh perfilman Indonesia, Deddy Mizwar menilai Jambore Film Pendek sebuah fenomena menarik untuk mengumpulkan para sineas muda. Kamis (11/10). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN
JAKARTA - Direktorat Pengembangan Kesenian dan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar Jambore Film Pendek (JFP) 2012.  Jambore itu digelar untuk memberikan dukungan dan ruang kreativitas bagi sineas muda Indonesia agar melahirkan film pendek yang bisa membentuk karakter bangsa.

Wamendikbud bidang kebudayaan, Prof Wiendu Nuryanti PhD dalam jumpa pers JFP bersama nara sumber dari dunia perfilman, seperti Deddy Mizwar, Leony NY , dan Reza Fahlevi di Kemendikbud, Kamis (11/10) mengatakan, ada dua alasan  menggelar JFP. Pertama, film pendek memiliki posisi yang strategis dalam mengekspresikan kreativitas sineas muda.

"Kedua, perannya efektif dalam pendidikan karakter. Itulah mengapa film pendek diprioritaskan dalam kebudayaan," kata Wiendu Nuryanti. Rencananya JFP ini akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur dengan rangkaian kegiatan meliputi pemutaran film pendek, pelatihan, diskusi dan talkshow.

Dia menjelaskan bahwa tanggung jawab langsung kebudayaan adalah memperkuat hulu film pendek tersebut, yaitu bagaimana film pendek bisa dipertanggungjawabkan. Caranya adalah dengan mempertemukan sineas muda, sehingga bisa berbagi dan saling mengkritisi dalam JFP ini.

JAKARTA - Direktorat Pengembangan Kesenian dan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar Jambore Film Pendek (JFP)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close