Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng Fordigi, Jamkrindo Ajak Mahasiswa Bangun Ekosistem Digital UMKM

Rabu, 31 Mei 2023 – 17:14 WIB
Gandeng Fordigi, Jamkrindo Ajak Mahasiswa Bangun Ekosistem Digital UMKM - JPNN.COM
PT Jamkrindo. Foto dok Jamkrindo

jpnn.com, JAWA TIMUR - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) mengajak mahasiswa agar aktif membangun ekosistem digital bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kali ini Jamkrindo berkolaborasi dengan Fordigi menggelar acara Fordigi Goes to Campus di Universitas Airlangga, Jawa Timur pada Rabu (31/5).

Sebagai informasi, Fordigi merupakan mitra Kementerian BUMN memegang peranan penting dalam proses pengembangan ekosistem dan talenta digital yang berstandar global di lingkungan BUMN.

Direktur Jamkrindo Abdul Bari mengatakan untuk lepas dari middle income trap sebelum 2045, diperlukan adanya transformasi ekonomi melalui penguatan digital capability untuk mendorong sektor-sektor strategis terutama UMKM.

Mengutip data Indonesia E-Commerce Association (idEA), pelaku UMKM yang tergabung ke dalam ekosistem digital sudah mencapai 13,7 juta pelaku, atau sekitar 21 persen dari total pelaku, hingga Mei 2021.

Keterlibatan UMKM dalam ekosistem digital, menurut Bari, perlu terus ditingkatkan untuk mengurangi kesenjangan digital karena pemanfaatan teknologi digital akan meningkatkan daya saing, efisiensi dan cakupan pasar UMKM ke tingkat yang jauh lebih tinggi.

Pengembangan UMKM dapat mendorong Indonesia menjadi negara berpendapatan tinggi.

“UMKM memiliki peran penting dalam struktur perekonomian Indonesia sebab UMKM merupakan tulang punggung perekonomian karena berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto dan penyerapan tenaga kerja. Kampus sebagai salah satu wadah akademisi dan mahasiswa memiliki peran strategis dalam berbagai aspek kemajuan bangsa, termasuk mewujudkan pembangunan talenta dan ekosistem digital,” ujarnya.

Jamkrindo berkolaborasi dengan Fordigi menggelar acara Fordigi Goes to Campus di Universitas Airlangga, Jawa Timur pada Rabu (31/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close