Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng Jepang, Pemerintah Kembangkan Kawasan Berorientasi Transit di Jabodetabek

Sabtu, 17 Februari 2024 – 06:41 WIB
Gandeng Jepang, Pemerintah Kembangkan Kawasan Berorientasi Transit di Jabodetabek - JPNN.COM
Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Wahyu Utomo dan Chief Representative JICA Indonesia Office Mr. Takehiro YASUI saat rapat koordinasi membahas pengembangan transportasi massal Jabodetabek di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta. Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) kembali menggelar rapat koordinasi membahas pengembangan transportasi massal Jabodetabek Urban Transportation Policy Integration Phase 3 (JUTPI-3).

Pertemuan yang dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Wahyu Utomo dan Chief Representative JICA Indonesia Office Mr. Takehiro YASUI itu berlangsung di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (25/1).

"Pertemuan JCC JUTPI-3 menghasilkan kesepakatan atas capaian dari ketiga Output JUTPI-3 yang berfokus pada peningkatan kapasitas para pemangku kepentingan yang terkait dengan pengembangan kawasan berorientasi transit atau Transit Oriented Development (TOD)," kata Deputi Wahyu dalam keterangannya yang diterima, Jumat (17/2).

JUTPI-3 merupakan upaya pemerintah dalam mengembangkan kawasan TOD di Jabodetabek yang bekerja sama dengan JICA.

Deputi Wahyu menyampaikan rapat tersebut berhasil mencapai tiga keputusan.

Capaian pertama untuk Output 1 adalah perumusan kebijakan pengembangan perkotaan Jabodetabek yang mendorong pengembangan kawasan berorientasi transit atau TOD.

Hal tersebut akan dilakukan dengan disusunnya dasar pemodelan travel demand forecast dan perumusan strategi untuk mendorong TOD di Jabodetabek, seperti mengintensifkan jaringan perkeretaapian di pusat-pusat Jabodetabek, mengembangkan feeder, dan penguatan kelembagaan pengelolaan transportasi Jabodetabek.

Kemudian, capaian kedua untuk Output 2 adalah penguatan mekanisme koordinasi pengembangan perkotaan Jabodetabek berbasis transportasi umum untuk mendorong TOD.

Pemerintah dalam hal ini Kemenko Perekonomian menggandeng Jepang untuk mengembangkan kawasan berorientasi transit atau TOD di Jabodetabek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close