Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng Kemenkeu, Bank DKI Bakal Salurkan Rp 1 Triliun ke Pelaku UMKM

Rabu, 06 April 2022 – 22:42 WIB
Gandeng Kemenkeu, Bank DKI Bakal Salurkan Rp 1 Triliun ke Pelaku UMKM - JPNN.COM
Uang Rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Bank DKI menargetkan dapat menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 1 triliun kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada 2022.

Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi menyebutkan untuk memaksimalkan penyaluran KUR tersebut agar tepat sasaran, Bank DKI berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan terkait Penggunaan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Untuk Penatausahaan dan Pengelolaan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat.

"Tentunya melalui kerja sama ini, dapat makin meningkatkan efektivitas penyaluran kredit," ujar Babay dalam keterangannya, Rabu (6/4).

Dia menjelaskan SKIP adalah sistem aplikasi yang dibangun untuk mempermudah pelaksanaan KUR. Tujuan SIKP ialah menjadi basis data UMKM yang terpercaya dan dapat dijadikan rujukan bagi Bank DKI untuk penyaluran kredit yang efektif.

"SIKP juga didorong untuk dapat menjadi alat yang bisa mempercepat proses pembayaran tagihan subsidi kredit program seperti Kredit Usaha Rakyat," ucapnya.

Dia berharap penyaluran KUR oleh Bank DKI dapat menjadi salah satu stimulus pertumbuhan perekonomian di tanah air di masa pandemi.

"Penyaluran KUR ini juga menjadi bentuk sinergi antara BUMD DKI Jakarta bersama dengan BUMN, Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat dalam rangka mendukung pemberdayaan UMKM," kata dia.

Diketahui, pada tahun 2021, penyaluran kredit mikro Bank DKI mengalami pertumbuhan 31,75 persen.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Bank DKI menargetkan dapat menyalurkan KUR kepada pelaku UMKM pada 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close