Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng Komposer Musik, Mobil Listrik Volkswagen Tak Lagi Hening

Senin, 16 Desember 2019 – 21:03 WIB
Gandeng Komposer Musik, Mobil Listrik Volkswagen Tak Lagi Hening - JPNN.COM
Volkswagen ID.3. Foto: VW

jpnn.com - Volkswagen punya cara sendiri membuat hatchback bertenaga listrik besutannya, VW ID.3, memiliki suara layaknya mobil konvensional.

VW mengenalkan suara mesin tiruan untuk ID.3, dalam satu acara di Future Sound di Berlin Jerman.

Upaya VW menambahkan suara mesin buatan tersebut bukan lah tanpa alasan. Mobil listrik yang nyaris tak bersuara, dianggap sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan di jalan.

Menggunakan Sistem Peringatan Kendaraan Akustik (AVAS), VW ID.3 bisa mengeluarkan suara layaknya mobil bermesin bensin pada kecepatan 30 kpj, dan akan semakin keras ketika mobil melaju dalam kecepatan lebih tinggi.

Di dalam kendaraan, berbagai tahap suara selalu terdengar berdasarkan kecepatan dan posisi pedal akselerator, kata VW dalam pernyataan resminya, dikutip Senin.

Dalam membuat suara mesin tiruan ini, VW bukan sekadar bikin. Pabrikan mobil Jerman ini bahkan berkolaborasi dengan komposer dan produser musik ternama Leslie Mandoki.

"Suara kendaraan listrik menentukan identitasnya. Suara harus percaya diri dan menyenangkan. Ini mungkin terdengar futuristik dan juga harus mengesankan dengan karakternya yang unik," kata Kepala Pengembangan Mobil Penumpang Volkswagen, Frank Welsch. (ant/mg8/jpnn)

Volkswagen punya cara sendiri membuat hatchback bertenaga listrik besutannya, VW ID.3, memiliki suara layaknya mobil konvensional.

Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close