Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng Komunitas Lingkungan, ASDP Bersihkan Sampah di Sungai Ciliwung

Senin, 04 Maret 2024 – 20:01 WIB
Gandeng Komunitas Lingkungan, ASDP Bersihkan Sampah di Sungai Ciliwung - JPNN.COM
PT ASDP Indonesia Ferry berkolaborasi dengan Komunitas Ciliwung Depok menanggulangi sampah di Jakarta dengan menggelar kegiatan Bebenah Ciliwung pada Sabtu (24/2). Foto dok ASDP

jpnn.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry berkolaborasi dengan Komunitas Ciliwung Depok berupaya menjaga kelestarian lingkungan kota dengan menggelar kegiatan Bebenah Ciliwung pada Sabtu (24/2).

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menuturkan pelaksanaan kegiatan Bebenah Ciliwung ini merupakan salah satu giat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebagai wujud kepedulian ASDP terhadap lingkungan melalui penanggulangan sampah.

”Bagi kami, HPSN bukan hanya peringatan tahunan semata namun juga sebagai momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan,” ujarnya.

Dengan konsumsi sampah plastik sehari-hari yang terus meningkat, langkah ini sejalan dengan komitmen ASDP untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), terutama pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nomor 12, 13, dan 14 yang berkaitan dengan Lingkungan dan Penggunaan Plastik.

Kegiatan memperingati HPSN meliputi pembersihan Sungai Ciliwung, kampanye bebas sampah, dan pelepasan ikan khas Ciliwung.

"Pada kegiatan kali ini, kami melibatkan komunitas serta volunteer yang merupakan karyawan ASDP (Ferizyan) untuk membersihkan bantaran Sungai Ciliwung serta melakukan edukasi langsung dengan menyebarluaskan poster-poster ramah lingkungan. Kami juga melepaskan ikan-ikan khas Ciliwung untuk menjaga kelestarian fauna di Sungai Ciliwung," kata Shelvy.

Dalam kegiatan bersih-bersih tersebut, ASDP bersama dengan komunitas Ciliwung berhasil mengumpulkan sebanyak 1.214,5 kg atau sama dengan 114 kantong yang dilakukan selama kurang lebih 45 menit.

Para volunteer yang merupakan Ferizyan tersebut juga turut berkontribusi dalam tiap program TJSL guna meningkatkan kesadaran serta kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat.

Sebagai operator kapal dan pelabuhan, ASDP memiliki komitmen untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close