Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng Kopassus hingga Brimob, Pemprov DKI Kerja Bakti Sungai Ciliwung

Kamis, 10 November 2022 – 12:43 WIB
Gandeng Kopassus hingga Brimob, Pemprov DKI Kerja Bakti Sungai Ciliwung - JPNN.COM
Apel pagi Pemprov DKI Jakarta, Kopassus, Kostrad, Marinir, dan Brimob sebelum kerja bakti membersihkan sejumlah titik Sungai Ciliwung. Foto: dokumentasi Pemprov DKI

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan kerja bakti di sejumlah titik di Sungai Ciliwung pada Kamis (10/11) pagi.

Tak hanya Pemprov DKI, kerja bakti itu melibatkan pasukan dari Kopassus, Kostrad, Marinir, dan Brimob.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Asep Kuswanto mengatakan kerja bakti gabungan tersebut sebagai salah satu upaya menghadapi banjir.

“Kebersamaan dan sinergitas sangat diperlukan dalam menciptakan suatu keadaan yang lebih baik dari sebelumnya, tidak cukup dilakukan seorang diri,” ucap Asep, Kamis (10/11).

Menurut dia, Sungai Ciliwung dari tahun ke tahun terus menghadapi banyak tantangan, beberapa di antaranya, yaitu penurunan kapasitas pengaliran akibat penyempitan sungai, sedimentasi, penurunan kualitas air sungai akibat pencemaran limbah rumah tangga.

Lalu, adanya peningkatan volume sampah yang terbawa oleh aliran yang berpotensi menyebabkan banjir di DKI Jakarta.

Saat ini, terdapat 56 titik yang ditangani oleh lebih dari 182 petugas kebersihan badan air setiap harinya. Dari 56 titik tersebut terdapat 11 titik sekatan kubus apung dan 10 unit alat berat yang tersebar di sepanjang aliran Sungai Ciliwung.

“Upaya penanganan sampah yang telah dilakukan kami bersama seperti sosialisasi maupun penegakan hukum dalam meningkatkan kualitas lingkungan perairan dan mempertahankan Sungai Ciliwung sebagai sumber air bersih,” kata dia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan kerja bakti di sejumlah titik Ciliwung pada Kamis (10/11) pagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close