Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng Pemda dan Organisasi Nirlaba, Bea Cukai Menggalakkan UMKM Bisa Ekspor

Kamis, 24 November 2022 – 23:19 WIB
Gandeng Pemda dan Organisasi Nirlaba, Bea Cukai Menggalakkan UMKM Bisa Ekspor - JPNN.COM
Bea Cukai Semarang dan UMKM Mendunia, sebuah organisasi nirlaba yang memiliki concern terhadap kemajuan UMKM daerah sepakat menjalin kerja sama. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus mendorong para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar dapat mengekspor produknya.

Upaya tersebut untuk mendukung pemulihan ekonomi dan meningkatkan ekspor nasional.

Untuk mencapai tujuan tersebut, unit-unit vertikal Bea Cukai di berbagai daerah bersinergi dengan pemerintah daerah (pemda) dan organisasi nirlaba dalam menggalakkan semangat ekspor para pelaku UMKM.

Hal ini seperti yang dilakukan Bea Cukai Bekasi dengan mengunjungi Kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Bekasi pada Senin (21/11).

"Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak berkoordinasi untuk merumuskan dukungan apa saja yang dibutuhkan UMKM di Kota Bekasi agar dapat memasarkan produknya ke mancanegara," kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana, Kamis (24/11).

Saat ini, kata Hatta, Bea Cukai Bekasi telah memiliki dua UMKM binaan yang diharapkan dapat melakukan ekspor dan membutuhkan bantuan pemda untuk menjamin keberhasilan upaya tersebut.

Sinergi yang sama juga dijalin Bea Cukai Gresik dengan pemerintah daerah setempat.

Bea Cukai Gresik juga memiliki UMKM binaan sebagai hasil kerja sama dengan Pemkab Gresik dan instansi terkait lainnya yang terbentuk melalui program Klinik Ekspor.

Bea Cukai terus mendorong para pelaku UMKM agar dapat mengekspor produknya dengan menggandeng pemda dan organisasi nirlaba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close