Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Minta Sistem Resi Gudang Diterapkan untuk Semua Petani di Jateng

Selasa, 16 Maret 2021 – 21:00 WIB
Ganjar Minta Sistem Resi Gudang Diterapkan untuk Semua Petani di Jateng - JPNN.COM
Gubernur Ganjar Pranowo mengikuti Rapat Koordinasi Pengembangan Sistem Resi Gudang (SRG) di Jawa Tengah. Foto: IG Ganjar Pranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung upaya pengembangan Sistem Resi Gudang yang bisa menjadi pendorong bagi ekonomi masyarakat utamanya para petani.

Tiga SRG yang sudah berjalan dengan baik di wilayah Jateng diharapkan bisa jadi contoh untuk daerah lain meniru.

Hal itu disampaikan Ganjar, usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengembangan Sistem Resi Gudang (SRG) di Jawa Tengah, di Semarang, Selasa (16/3). Rapat itu juga dihadiri Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Menurutnya, tantangan dari SRG adalah memberikan pemahaman kepada petani yang masih memilih langsung menjual hasil panennya ke tengkulak.

"Resi gudang ini kan banyak manfaat. Memang mesti mengedukasi kawan-kawan petani untuk mau masuk ke sistem ini. Itu perlu edukasi," kata Ganjar.

Ganjar mendorong pemerintah daerah dan dinas terkait di Jateng untuk melakukan penyuluhan pada petani soal SRG. Terutama menjelang masa panen raya.

"Ini mau panen raya di mana-mana, biasanya kalau supply banyak harga akan turun. Ketika harga turun ini sebenarnya sistem resi gudang ini menjadi penting. Cuma meyakinkan masyarakat untuk pindah ke sini itu kan butuh waktu. Nah sekarang contoh-contoh baik diberikan," sambungnya.

Ganjar mengatakan contoh baik yang bisa diberikan ada di tiga Kabupaten yakni Wonogiri, Grobogan, dan Kebumen.

Tiga Sistem Resi Gudang yang sudah berjalan dengan baik di wilayah Jateng diharapkan bisa jadi contoh untuk daerah lain meniru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close