Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Perintahkan Bupati dan Wali Kota Turun Tangan Bantu Korban Banjir Rob

Kamis, 04 Juni 2020 – 13:52 WIB
Ganjar Perintahkan Bupati dan Wali Kota Turun Tangan Bantu Korban Banjir Rob - JPNN.COM
Ilustrasi banjir yang menggenangi daerah di Pemalang, Jawa Tengah. Foto: Antara/Katriana

jpnn.com, SEMARANG - Bencana banjir rob melanda sejumlah daerah di Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah. Ratusan rumah tergenang limpahan air laut, mulai Brebes, Tegal, Pekalongan hingga Demak.

Karena itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta semua bupati/wali kota yang terdampak untuk segera bertindak.

Penyelamatan jiwa manusia dan melakukan tindakan darurat menjadi fokus utama.

"Saya minta semua bupati/wali kota yang daerahnya terkena rob untuk turun semuanya. Kami dari Provinsi juga akan membantu. Kita butuh kerja sama untuk menyelamatkan orangnya, sambil melakukan tindakan-tindakan darurat," kata Ganjar ditemui di kantornya, Kamis (4/6/2020).

Ganjar mengatakan, rob melanda beberapa daerah di Pantura Jateng dikarenakan cuaca yang buruk. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, bahwa saat ini masuk musim pancaroba sehingga gelombang laut cukup tinggi.

"Gelombangnya sekarang tinggi, sehingga air laut masuk ke darat. Ini karena masuk musim pancaroba," terangnya.

Tindakan darurat, lanjut Ganjar, terus disebut saat ini. Meskipun sebenarnya, rencana penanggulangan sistematis rob kawasan pesisir Pantura Jateng sudah dilaksanakan.

"Misalnya di daerah Pekalongan itu, kan dibuat tanggul raksasa yang dulu rencananya selesai dalam satu tahun anggaran. Kalau tidak salah anggarannya Rp90 miliar. Tetapi karena COVID-19, Kementerian melakukan refocusing anggaran dan saat ini proyek itu dilaksanakan dengan mekanisme multiyears,” terangnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua bupati dan wali kota mengutamakan penyelamatan warga korban banjir rob.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close