Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Pranowo: Ada yang Menarik di Desa Ini

Jumat, 06 Oktober 2023 – 09:49 WIB
Ganjar Pranowo: Ada yang Menarik di Desa Ini - JPNN.COM
Bakal capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Desa Tegallega, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur, Kamis (5/10/2023). Foto: ANTARA/HO-Tim Media Ganjar Pranowo

jpnn.com - SEMARANG - Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo berkunjung dan menginap di desa terpencil di kaki Gunung Gede, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (5/10), untuk menjalankan salah satu program hilirisasi pertanian menuju kedaulatan pangan.

Di wilayah tersebut, Ganjar menggandeng Koperasi Desa Sejahtera Indonesia milik Papdesi, menginisiasi pembangunan pabrik teh premium di Desa Tegallega, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur, dengan memberdayakan warga di lereng Gunung Gede.

“Ada yang menarik ya di desa ini, ada anak muda milenial yang menggerakkan para petani. Mereka siap membuat pabrik teh dengan produk teh premium atau special tea,” kata Ganjar melalui keterangan tertulis yang diterima di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (5/10).

“Tentu ini contoh konkret bagaimana melakukan hilirisasi pertanian yang diharapkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Ini keren," kata Ganjar.

Bakal capres dari PDI Perjuangan itu mengatakan banyak potensi di desa yang bisa dioptimalkan, contohnya di Desa Tegallega ada potensi perkebunan teh yang bisa dikelola lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat.

Ganjar mengatakan, pabrik teh itu dikelola bekerja sama dengan koperasi desa binaan Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi).

“Jika program ini berhasil, maka bisa diterapkan dan dikembangkan di desa-desa lain di seluruh Indonesia. Sangat mungkin dikembangkan di desa lain, tentu dengan unit usaha dan kearifan lokal masing-masing.”

“Kalau semua bisa melakukan itu, maka bisa kita bayangkan betapa besarnya pendapatan yang dihasilkan. Ini bagian dari hilirisasi produk pertanian yang kita inginkan dan endingnya cita-cita kita mewujudkan kedaulatan pangan bisa tercapai," kata Ganjar.

Ganjar Pranowo menginisiasi pembangunan pabrik teh premium di Desa Tegallega, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close