Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Pranowo Luncurkan Aplikasi SiHaTi Untuk Kendalikan Inflasi di Jateng

Kamis, 18 Agustus 2022 – 16:22 WIB
Ganjar Pranowo Luncurkan Aplikasi SiHaTi Untuk Kendalikan Inflasi di Jateng - JPNN.COM
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meluncurkan aplikasi SiHaTi. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (SiHaTi) generasi ke-4 untuk mengendalikan inflasi di wilayahnya. 

Aplikasi SiHaTi generasi ke-4 ini merupakan hasil pengembangan jangka panjang antara Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. 

Ganjar menjelaskan jajarannya bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jateng bisa memantau kenaikan dan penurunan harga komoditas melalui aplikasi ini. Khususnya komoditas yang berpotensi mempengaruhi inflasi. 

"Aplikasi SiHaTi ini harapan kita kalau pertanian pangan yang itu komoditasnya bisa mempengaruhi inflasi, itu sudah kita tercatatkan di sini," kata Ganjar dalam siaran persnya, Kamis (18/8).

Ganjar menjelaskan nantinya Pemprov Jateng bersama jajaran di daerah bisa mengecek perkembangan komoditas dari hulu ke hilir. Menurut Ganjar, hal itu guna memeriksa angka produksi komiditas tersebut. 

Ganjar pun meminta jajaran di kabupaten atau kota se-Jateng untuk memperbaharui data secara real time. Sehingga, kata Ganjar, kondisi yang terjadi bisa langsung ditanggapi. 

"Maka di hulunya kami bisa mengecek berapa produksi sebenarnya. Tinggal kemudian saya minta tolong kawan-kawan di kabupaten kota, tolong diupdate. Teman-teman bupati wali kota perintahkan tim kecil untuk memantau," ujar dia. 

Ganjar mengatakan data terbaru terkait komoditas yang ada di Jateng akan langsung diperbarui besok. Ganjar berharap upaya ini dapat terus mengendalikan angka inflasi Jateng. 

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meluncurkan aplikasi SiHaTi untuk mengendalikan inflasi di Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close