Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Pranowo Mengunjungi Kampung Pancasila Lalu Bicara Soal Toleransi

Sabtu, 16 April 2022 – 21:53 WIB
Ganjar Pranowo Mengunjungi Kampung Pancasila Lalu Bicara Soal Toleransi - JPNN.COM
Ganjar Pranowo berada di Kampung Pancasila. Foto: Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, MADIUN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi Kampung Pancasila yang berada di Desa Bulakrejo, Kecamatan Balerejo, Madiun, Jawa Timur, Sabtu (16/4).

Kampung Pancasila merupakan destinasi wisata religi yang di dalamnya terdapat simbol bangunan lima tempat ibadah, yaitu musala, gereja, kelenteng, pura, dan wihara.

Di lokasi itu, Ganjar menekankan nilai-nilai toleransi umat beragama yang harus dijaga dan dirawat bersama, seperti yang dicerminkan lewat simbol lima rumah ibadah di dalam kawasan Kampung Pancasila.

Ganjar mengatakan perbedaan suku, agama, dan ras yang ada membuat persatuan di Indonesia makin kuat.

"Satu tempat yang sempat viral karena ada cerminan rumah-rumah ibadah itu ada di sini. Ini kan cerminan Indonesia. Toleransi. Kalau toleransi itu ya seperti ini, yang mesti kita rawat, yang mesti kita jaga," kata Ganjar dalam siaran persnya.

Dalam kunjungannya, Ganjar didampingi oleh Ali Muslih, selaku keponakan dari mendiang KH Ali Mursyid yang merupakan seorang tabib dan pemilik rumah, sekaligus yang mendirikan Kampung Pancasila pada 1980 secara bertahap.

Ganjar mengaku kagum dan banyak mempelajari semangat dari mendiang KH Ali Mursyid, terutama dalam melakukan kebaikan antar sesama umat beragama.

"Sesuatu yang tidak punya nilai bisnis, karena ternyata beliau juga punya filsafat bahwa karena kemarin banyak yang kena Covid-19, ini cara menyenangkannya dengan piknik gratis. Jadi, ada suasana spirit menebar kebaikan," ungkap Ganjar.

Ganjar Pranowo mengunjungi Kampung Pancasila di Madiun, Jawa Timur, yang mencerminkan toleransi beragama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close