Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Punya Ide soal Pelibatan Warga Lokal di Proyek IKN

Kamis, 07 Desember 2023 – 17:37 WIB
Ganjar Punya Ide soal Pelibatan Warga Lokal di Proyek IKN - JPNN.COM
Capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo melihat pembangunan pusat pemerintahan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023). Foto: Tim Media Ganjar Pranowo

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo melontarkan idenya soal kelanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur (Kaltim).

Jika kelak terpilih menjadi Presiden RI, kontestan bernomor urut 3 di Pilpres 2024 itu tidak hanya bakal melanjutkan pembangunan IKN, tetapi juga melibatkan lebih banyak warga lokal dalam proyek untuk ibu kota baru Indonesia tersebut.

Ganjar menyatakan itu seusai mengunjungi Titik Nol IKN di Paser Penajam Utara, Kamis (7/12/2023). Menurut dia, pelibatan warga lokal itu juga dimaksudkan agar IKN tidak menggerus adat dan budaya setempat.

“Tadi saya tanya ada 30 persen warga lokal bekerja di sini. Mereka harus terlibat dan diberi akses pendidikan agar kelak nanti menjadi tuan rumah di sini, setara dengan yang lain dan selebihnya kasih afirmasi," ujar Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) periode 2013-2018 dan 2018-2023 menganggap IKN merupakan masa depan Indonesia dan harapan baru bagi generasi mendatang.

IKN, kata Ganjar, akan menjadi pusat ekonomi hijau dan digital yang menghadirkan banyak lapangan kerja serta kesempatan usaha yang baru.

"IKN ini adalah cerita masa depan Indonesia, cerita modernitas, cerita kemajuan peradaban, cerita partisipasi, cerita ekonomi hijau, industri kreatif, industri digital dan masa depan anak-anak," tutur Ganjar.

Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu juga menilai IKN akan menjadi pusat transformasi. "Maka inilah transformasi Indonesia yang diwujudkan dalam satu area," kata Ganjar.(ast/jpnn.com)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Ganjar Pranowo melontarkan idenya soal bagaimana melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kaltim yang tidak menggerus budaya lokal.

Redaktur : Antoni
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close