Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Untuk Semua Serahkan Alat Pengolahan Produksi ke Petani Gula Aren di Pandeglang

Sabtu, 21 Oktober 2023 – 21:28 WIB
Ganjar Untuk Semua Serahkan Alat Pengolahan Produksi ke Petani Gula Aren di Pandeglang - JPNN.COM
Ganjar Untuk Semua memberikan bantuan kepada para petani gula aren di Pandeglang. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, PANDEGLANG - Petani gula aren asal Pandeglang, Bahim (60) mengaku bersyukur atas kehadiran sukarelawan Ganjar Untuk Semua (GUS) ke wilayahnya. 

Dalam kesempatan tersebut, GUS melakukan bakti sosial dengan memberikan alat pengolahan produksi gula aren kepada sejumlah petani dan pengrajin di Cijaralang, Kabupaten Pandeglang.

"Bantuan yang diberikan Ganjar Untuk Semua sangat bermanfaat sekali karena kami pun butuh alat itu untuk menampung air lebih banyak dan pengolahnya lebih cepat sehingga lebih efektif selama memproduksi gula aren," kata Bahim.

Sudah hampir sembilan tahun Bahim menjalani profesi sebagai petani gula aren

Dalam perjalanannya, muncul suka dan duka selama menjadi petani, mulai dari bisa panen dengan jumlah yang banyak, bahkan paceklik untuk mendapatkan air gula aren.

"Saya sudah lama menjadi petani gula aren, menjalani ini suka dukanya banyak, kadang dapat airnya tapi kadang paceklik, airnya lengket sehingga tidak bisa diolah," kata Bahim.

Kendati demikian, Bahim tetap optimistis bahwa potensi gula aren mampu berkembang dan menjadi sentra gula aren yang ikonik yang berasal dari Kabupaten Pandeglang.

Bahim berharap makin banyak masyarakat yang melirik industri gula aren sehingga para pengrajin dan petani makin giat dalam memperoleh gula aren lebih banyak.

Sukarelawan Ganjar Untuk Semua memberikan bantuan alat produksi kepada para petani gula aren di Pandeglang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close