Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gara-gara Foto Editan, Habib Rizieq Disebut Menggelandang

Kamis, 09 November 2017 – 09:26 WIB
Gara-gara Foto Editan, Habib Rizieq Disebut Menggelandang - JPNN.COM
Habib Rizieq korban hoaks. Foto: FB/JP

jpnn.com, JAKARTA - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menjadi korban hoaks. Sebuah foto pengemis perempuan yang sedang meminta-minta di jalanan diedit orang-orang iseng.

Dengan teknik olah digital (oldig) yang sangat kasar, wajah perempuan tua tersebut diganti dengan foto Habib Rizieq. Dia disebut menggelandang di Arab Saudi.

Foto editan Rizieq itu digunakan blog id-detik-news.blogspot.com. Blog tersebut dibuat menyerupai portal berita detik.

Mulai header sampai ikonnya. Pada 5 November 2017 blog itu membuat artikel berjudul Innalillahi, Habib Rizieq Dikabarkan Menggelandang di Saudi Arabia.

Namun, kalau dibaca secara lengkap, sama sekali tidak ada penjelasan yang menyebutkan Rizieq menggelandang di Arab Saudi. Yang ada hanya informasi dari seseorang bernama Adi Setiawan.

Menurut artikel itu, Adi Setiawan menyampaikan kabar ke Dutaislam.com bahwa Rizieq mendapatkan larangan ceramah dari jamaah Indonesia yang ada di Arab Saudi.

Adi juga menyebut Rizieq yang awalnya dipersilakan mengisi ceramah di tempat ngaji Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki akhirnya mendapatkan larangan.

Itu terjadi setelah ada jemaah dari Indonesia yang menceritakan soal status HRS sebagai buron aparat keamanan.

Dengan teknik olah digital yang sangat kasar, wajah perempuan tua tersebut diganti dengan foto Habib Rizieq. Dia disebut menggelandang di Arab Saudi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA