Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Garap Kasus Anies, Polda Metro Pelajari Temuan Ombudsman

Rabu, 28 Maret 2018 – 04:45 WIB
Garap Kasus Anies, Polda Metro Pelajari Temuan Ombudsman - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Temuan Ombudsman mengenai malaadministrasi bukan satu-satunya masalah terkait penutupan Jalan Jatibaru yang tengah dihadapi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Polda Metro Jaya juga masih menyelidiki dugaan pidana terkait kebijakan tersebut.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Deriyan mengatakan, pihaknya pasti akan mempertimbangkan temuan Ombudsman. Penyidik akan mempelajari landasan formil Obudsman dalam menentukan adanya malaadministrasi.

"Itu cara pandang penyelidik. Supaya dapat secara utuh, maka kita harus mendapatkan wujud pelanggaran secara formil itu seperti apa, serta menyalahgunakan kewenangan seperti apa dalam jabatannya," papar Ade di Polda Metro Jaya, Selasa (27/3).

Menurut Ade, rekomendasi Ombudsman bisa berkontribusi dalam penyelidikan ini. Pasalnya, dari rekomendasi tersebut kepolisian bisa mendapat perspektif berbeda terkait penutupan Jalan Jatibaru.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya tak mau terburu-buru dalam menangani kasus tersebut. Pasalnya, ada dua aspek yang harus diperhatikan, yakni hukum dan lalu lintas.

"Kalau dari teman-teman lalu lintas mungkin mereka melihat dari sisi rekayasa arus lalu lintas. Dengan ditutup jalan itu bisa melihat bagaimana kondisi lalu lintas setelahnya. kan teman-teman lalu lintas harus merekaya arus lalu lintas di Tanah Abang supaya tidak crowded," papar Ade.

Sedangkan dari sisi hukum, ada ketidaksetujuan terhadap penutupan tersebut. Sehingga ada yang melaporkan dan akan diproses laporan tersebut. (ipy/JPC)

Pollda Metro Jaya akan mempelajari temuan Ombudsman soal penutupan Jalan Jatibaru. Ini dilakukan dalam rangka penyelidikan kasus Anies Baswedan

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close