Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Garut Dikepung Asap Karhutla

Kamis, 24 Oktober 2019 – 23:07 WIB
Garut Dikepung Asap Karhutla - JPNN.COM
Petugas berupaya memadamkan kobaran api di Gunung Masigit, Kabupaten Garut, Jabar, Rabu (23/10) malam. Foto: BPBD Garut/Antara

jpnn.com, GARUT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyebutkan, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda seluruh gunung di Garut, Jawa Barat, sejak Kamis (24/10) pagi hingga menjelang malam.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan membenarkan, beberapa titik kebakaran tersebar di kawasan gunung yang mengitari perkotaan Garut. "Garut dikelilingi asap kebakaran hutan hari ini Kamis," kata Tubagus.

Ia mengatakan, kebakaran hutan terjadi di Gunung Cikuray di Kecamatan Cilawu, Gunung Putri di Kecamatan Tarogong Kaler, Gunung Guntur, Gunung Karacak, Gunung Haruman, dan Gunung Nangkaruka di Kecamatan Pakenjeng. Beberapa titik areal hutannya terbakar, hingga pukul 19.00 WIB masih ada beberapa titik api yang belum bisa dipadamkan. "Masih menyala sampai sekarang," kata Tubagus.

Ia menyampaikan, petugas BPBD Garut dan instansi lainnya sudah terjun ke lokasi kebakaran untuk memadamkan kobaran api.

Terkait luas lahan yang terbakar, kata dia, masih dilakukan pendataan, saat ini petugas masih berupaya untuk memadamkan kobaran api di kawasan gunung itu. "Belum (data lahan terbakar) anak-anak (petugas) lagi memantau," katanya.

Ia menambahkan, sebelumnya kebakaran juga melanda areal hutan Gunung Masigit di Kecamatan Cikajang, dan Hutan Sancang di Kecamatan Cibalong, Rabu (23/10) malam.

Peristiwa kebakaran di daerah itu, kata dia, sudah berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan. "Kurang lebih di Masigit lahan yang terbakar tiga hektare," katanya.

Kebakaran hutan di Gunung Putri dan Gunung Guntur terlihat jelas oleh warga sekitar kaki gunung tersebut dan perkotaan Garut termasuk di wilayah Kecamatan Samarang.

Kebakaran hutan terjadi di Gunung Cikuray, Gunung Putri, Gunung Guntur, Gunung Karacak, Gunung Haruman, dan Gunung Nangkaruka, Kabupaten Garut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close