Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gaya Hidup Duniawi

Oleh KH A. Mustofa Bisri

Jumat, 07 Oktober 2016 – 10:51 WIB
Gaya Hidup Duniawi - JPNN.COM

jpnn.com - Piye, Le; enak zamanku tho?!”

PERTANYAAN di bokong truk dengan gambar Pak Harto mesem itu setiap kali berkelebat mengusikku.

Aku selalu teringat presiden yang nyaris seperti raja itu, terutama saat ada peristiwa kegilaan terhadap dunia, seperti kasus-kasus korupsi dan suap-menyuap, politik uang, pejabat publik dan artis yang ”tertangkap tangan”, orang pintar yang dapat memperbanyak uang, dan sebagainya.

Kegilaan terhadap dunia atau materi dimulai dari keinginan menjadikan hidup ini sejahtera hingga keinginan hidup mewah. Lalu, keinginan lebih dan langgeng hidup mewah serta berkuasa.

Biasanya berakhir dengan hilangnya akal dan nurani. Hubbud dunya ra’su kulli khathii’ah. Berlebih-lebihan menyukai dunia adalah sumber segala kesalahan.

Negeri ini mengenal dua presiden yang nyaris seumur hidup. Soekarno dan Soeharto. Sambil ”meledek” pemerintahan Soekarno dengan sebutan Orde Lama, kursi kepresidenannya pun diambil alih. Orde Lama dikritik karena ”mengangkat” politik sebagai panglima. Alasannya: politik tidak membikin kenyang. Politik tidak enak.

Lalu, Soeharto pun mengganti dengan ekonomi sebagai panglima. Pembangunan ekonomi semesta pun dimulai. Adalah wajar bila saat akan membangun ekonomi, yang dicontoh dan ditiru adalah negara-negara yang maju ekonominya. Ibarat mau membuka warung, tentu yang dicontoh dan ditiru adalah resto yang maju.

Sayang, kita ini –di samping merupakan ”bangsa peniru”– apabila meniru tidak melihat dan mempertimbangkan diri sendiri. Mau meniru artis mancung India yang tampak cantik dengan anting besar di hidung, langsung niru tanpa mempertimbangkan hidungnya sendiri yang kecil dan pesek.

”Piye, Le; enak zamanku tho?!” PERTANYAAN di bokong truk dengan gambar Pak Harto mesem itu setiap kali berkelebat mengusikku. Aku selalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close