Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gegara Sepucuk Surat, Trump Gentar Serang Kapal Tanker Iran, Nih Isinya!

Rabu, 27 Mei 2020 – 13:28 WIB
Gegara Sepucuk Surat, Trump Gentar Serang Kapal Tanker Iran, Nih Isinya! - JPNN.COM
Presiden Amerika Donald Trump. Foto: AFP

jpnn.com - Kapal-kapal tanker Iran yang mengangkut jutaan barel minyak ke Venezuela berjalan mulus tanpa gangguan dari Amerika Serikat.

Keberhasilan ini ternyata gara-gara sebuah memo sampai ke meja Presiden Donald Trump.

Sebelumnya dikabarkan, kapal-kapal itu mendapat ancaman dari kapal perang Amerika Serikat.

Bukan sembarang surat memo ternyata, bisa membuat Presiden Donald Trump akhirnya mengurungkan niatnya menggagalkan pengiriman minyak oleh kapal-kapal tanker Iran.

Memo itu datang dari Veteran Intelligence Professionals for Sanity (VIPS), yang merupakan para eks intelijen Amerika Serikat.

Dalam surat itu, VIPS mendesak Donald Trump untuk menghindari potensi konflik bersenjata ketika kapal tanker minyak Iran mendekati Venezuela, pada Minggu (24/5).

Surat itu dikirimkan pada 22 Mei, atau hanya berselang dua hari sebelum kapal tanker minyak Iran yang pertama dari lima kapal yang dikirimkan, yakni Fortune, sampai di Venezuela.

Melalui sepucuk surat itu, VIPS memberikan saran kepada Trump bahwa serangan ke kapal tanker minyak Iran, hanya akan membuat AS rugi besar.

Kapal-kapal tanker Iran yang mengangkut jutaan barel minyak ke Venezuela berjalan mulus tanpa gangguan dari Amerika Serikat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close