Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gelar Kirab Pancasila 2024, BPIP Membentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 300 Meter

Minggu, 26 Mei 2024 – 17:03 WIB
Gelar Kirab Pancasila 2024, BPIP Membentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 300 Meter - JPNN.COM
BPIP menggelar Kirab Pancasila Tahun 2024 di Jalan Jenderal Sudirman sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (26/5) dalam rangka menjelang peringatan hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024. Acara ini ditandai dengan membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 300 meter. Foto: Humas BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Kirab Pancasila Tahun 2024 di Jalan Jenderal Sudirman sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (26/5).

Kirab Pancasila menjelang puncak peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 itu ada yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu membentangkan bendera Merah Putih sepanjang kurang lebih 300 meter sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga bundaran HI.

Kepala BPIP Profesor K.H. Yudian Wahyudi mengungkapkan Kirab Pancasila yang diikuti kurang lebih 3 ribu peserta tersebut juga menampilkan berbagai pertunjukan seni, budaya, drum band Gita Abdi Praja IPDN serta berbagai pakaian adat nusantara menghiasi acara kirab Pancasila tersebut.

“Ini sebagai upaya kami dalam meningkatkan nasionalisme terutama kepada generasi muda Indonesia,” ujar Yudian.

Yudian juga mengatakan Kirab Pancasila bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu juga sengaja dilaksanakan pada hari libur atau hari bebas kendaraan sehingga diharapkan masyarakat ikut serta meramaikannya.

“Ini juga sebagai pengingat kepada masyarakat, bahwa kita punya Pancasila yang sudah terbukti membebaskan kita dari penjajah dan mempersatukan bangsa kita,” ujar Yudian.

Sementara itu, Wakil Kepala BPIP Dr. Rima Agristina mengatakan selain Kirab Pancasila ada beberapa event lainnya dalam waktu yang bersamaan seperti penyelenggaraan kuliner nusantara, pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah yang diselenggarakan di gedung Sarinah Jakarta

Menurut dia, momentum ini merupakan gerakan-gerakan Pancasila dalam tindakan yang tetap harus terjaga, baik persatuannya dan gotong royongnya.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Kirab Pancasila Tahun 2024 dengan membentangkan bendera Merah Putih di sepanjang 300 meter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close