Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gelar Pelatihan Kelas Ekspor, Bea Cukai Malang Dukung UMKM dan Mahasiswa Go Global

Senin, 19 Agustus 2024 – 17:18 WIB
Gelar Pelatihan Kelas Ekspor, Bea Cukai Malang Dukung UMKM dan Mahasiswa Go Global - JPNN.COM
Bea Cukai Malang terus menggali potensi ekspor dengan mendukung pelaku UMKM dan mahasiswa go global melalui pelatihan bertajuk 'Export Mentoring Program (EMP)' dan 'Campus Exporter Program (CEP)'. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, MALANG - Bea Cukai Malang terus menggencarkan program asistensi UMKM melalui penyelenggaraan pelatihan kelas ekspor untuk pelaku UMKM dan mahasiswa bertajuk 'Export Mentoring Program (EMP)' dan 'Campus Exporter Program (CEP)'.

Kepala Kantor Bea Cukai Malang Gunawan Tri Wibowo mengatakan kegiatan EMP dan CEP ini merupakan program Klinik Ekspor Bea Cukai Malang untuk menggali potensi para pelaku UMKM dan mahasiswa dengan memberikan kelas pelatihan tanpa dipungut biaya dan materinya pun disesuaikan dengan kebutuhan UMKM.

"Tujuan kami melaksanakan kegiatan ini ialah agar para pelaku UMKM dan mahasiswa dapat merealisasikan ekspornya," kata Gunawan dalam keterangannya, Senin (19/8).

Kelas pelatihan ekspor ini terlaksana dalam tiga seri yang terlaksana pada Juli dan Agustus 2024 di Kantor Bea Cukai Malang.

Dalam gelaran EMP dan CEP, Bea Cukai Malang mengundang beberapa narasumber, seperti Fernanda Reza Muhammad, Founder Akademi Mudah Ekspor.

Kemudian Zahra Margautami, COO PT Akademi Mudah Ekspor dan CMO PT Arunika Kreasi Digital, dan perwakilan Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Malang.

Adapun materi yang dibawakan dalam kegiatan EMP dan CEP, di antaranya pengenalan tentang ekspor dan cara memulai ekspor, serta pengenalan logistik dan menghitung biaya kirim, materi INCOTERMS 2020, digital marketing, negosiasi kontrak.

Selain itu, materi lainnya yang juga disampaikan adalah cara mencari peluang eksportir trader, cara efektif mencari supplier dan kekuatan yang harus dimiliki oleh seorang trader, dan cara mengecek HS Code, Negara Tujuan Ekspor (NTE), serta peraturan dan persyaratan ekspor.

Bea Cukai Malang menggelar pelatihan kelas ekspor bertajuk EMP dan CEP untuk pelaku UMKM dan mahasiswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA