Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gelar Sarasehan, TNI AL Bicarakan Pembangunan Kekuatan Laut di Masa Depan

Selasa, 03 Oktober 2023 – 09:10 WIB
Gelar Sarasehan, TNI AL Bicarakan Pembangunan Kekuatan Laut di Masa Depan - JPNN.COM
KSAL Laksamana Muhammad Ali bersama pembicara pada Sarasehan TNI AL tentang pembangunan TNI AL di masa depan di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta, Senin (2/10). Pembicara yang hadir yaitu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ketua PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji yang juga merupakan KSAL periode 2018-2020, serta Deputi V KSP Bidang Politik, Hukum, Keamanan dan Pertahanan Ibu Jaleswari Pramodhawardani. Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Visi Indonesia emas sebagai negara nusantara yang berdaulat, maju dan berkelanjutan harus ditunjang dengan pembangunan kekuatan laut atau maritim dan pertahanan. Hal itu merupakan modal utama dalam pembangunan nasional.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali menyampaikan hal itu saat membuka acara Sarasehan TNI AL yang mendiskusikan pembangunan TNI AL di masa depan bertempat di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (2/10).

“TNI AL harus mampu bertransformasi dengan cepat dalam aspek profesionalitas, serta pengembangan kapasitas melalui skema inovatif dalam proses akuisisi teknologi dengan prinsip spending to invest,” ujar KSAL.

Sejumlah tokoh nasional dihadirkan dalam acara ini sebagai pembicara antara lain Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ketua PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji yang juga merupakan KSAL periode 2018 hingga 2020, serta Deputi V KSP Bidang Politik, Hukum, Keamanan dan Pertahanan Ibu Jaleswari Pramodhawardani.

Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam kesempatan ini menatakan pembangunan berbasis maritim bukan sekadar retorika, melainkan harus menjadi kesadaran kolektif mengingat kondisi geografis Indonesia yang dua pertiga wilayahnya adalah lautan.

“Napoleon Bonaparte mengatakan dasar politik negara berada dalam geografinya. Atas dasar itu, maka Indonesia harus menjadikan visi maritim sebagai light-star,” kata Gubernur Yogyakarta tersebut.

Sarasehan ini diselenggarakan bertujuan sebagai media refleksi atas segala pencapaian TNI AL sepanjang 78 tahun, Khususnya dalam rangka HUT TNI AL serta menyambut HUT TNI yang akan jatuh pada 5 Oktober mendatang.

Diskusi yang mengusung tema "Refleksi dan Proyeksi Eksistensi Prajurit Jalasena Untuk Melaju Mewujudkan Indonesia Maju".

Visi Indonesia emas sebagai negara nusantara yang berdaulat, maju dan berkelanjutan harus ditunjang dengan pembangunan kekuatan laut atau maritim & pertahanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close