Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gelombang Kedua Virus Corona Menghantui, Negara Ini Ogah Lockdown Lagi

Selasa, 26 Mei 2020 – 09:31 WIB
Gelombang Kedua Virus Corona Menghantui, Negara Ini Ogah Lockdown Lagi - JPNN.COM
Ilustrasi lockdown di masa pandemi corona. Foto: pixabay

jpnn.com, BRUSSEL - Belgia enggan menerapkan lockdown jika nanti gelombang wabah virus corona menyerang negara tersebut. Padahal, pembatasan ketat sudah terbukti ampuh menyelamatkan negara Eropa itu dari gelombang pertama.

Negara berpenduduk 11,5 juta jiwa itu secara efektif menerapkan lockdown pada pertengahan Maret, dengan hanya toko makanan dan obat yang diizinkan beroperasi. Kini sebagian besar pembatasan sudah dicabut seiring dengan makin sedikitnya tambahan kasus baru.

"Lockdown pertama telah menangani situasi dan telah berakhir. Ini adalah keadaan luar biasa, tetapi kami tidak memiliki kondisi seperti Italia atau Spanyol," kata Menteri Dalam Negeri Belgia Pieter De Crem kepada penyiar VTM pada Minggu (24/5).

De Crem meyakini gelombang kedua tidak akan sebesar gelombang pertama yang menginfeksi 57.092 orang di Belgia. Karena itu, penanganannya cukup dengan pengetesan dan penelusuran (tracing).

"Saya rasa kita dapat mengesampingkan untuk kembali ke langkah-langkah ketat," ujar dia.

Pemerintah Belgia akan mengadakan pertemuan dengan para pemimpin regional serta pakar ekonomi dan medis pada 3 Juni untuk membahas relaksasi pembatasan lebih lanjut, yang dapat meluas ke pembukaan kembali restoran dan kegiatan rekreasi. (ant/dil/jpnn)

Negara ini sepertinya kapok menerapkan lockdown untuk mencegah penyebaran wabah virus corona

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close