Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gembong Narkoba Myanmar Ditangkap, Kedekatan dengan Bos Junta Terungkap

Jumat, 13 Januari 2023 – 21:10 WIB
Gembong Narkoba Myanmar Ditangkap, Kedekatan dengan Bos Junta Terungkap - JPNN.COM
Kedekatan pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing dengan perdagangan narkoba makin terang setelah gembong narkoba Tun Min Latt ditangkap di Thailand. Foto: Alexander Zemlianichenko / POOL / AFP

jpnn.com, BANGKOK - Pejabat Thailand menemukan aset milik anak-anak pemimpin junta Myanmar saat penggerebekan di apartemen seorang taipan Myanmar di Bangkok yang dituduh melakukan perdagangan narkoba dan pencucian uang, menurut catatan resmi dan dua orang yang mengetahui kasus tersebut.

Akta kepemilikan dan buku bank milik putri dan putra Min Aung Hlaing ditemukan di rumah Tun Min Latt, 53, ketika dia ditangkap di ibu kota Thailand September lalu bersama dengan tiga warga negara Thailand atas tuduhan konspirasi untuk memperdagangkan narkoba dan pencucian uang. Baca selengkapnya

Tun Min Latt, yang memiliki bisnis perhotelan, energi, dan pertambangan, adalah rekan dekat Min Aung Hlaing, tiga sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters tahun lalu.

Dia telah memasok barang kebutuhan militer, kata sumber tersebut. Gambar yang tersedia untuk umum menunjukkan mereka bersama di pameran senjata pada tahun 2019.

Tun Min Latt dalam penahanan pra-sidang; pengacaranya tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Dua anak Min Aung Hlaing tidak menghadapi tuntutan hukum atas aset tersebut, menurut dua orang yang mengetahui kasus tersebut.

Mereka menambahkan bahwa pihak berwenang Thailand tidak menganggap mereka relevan dengan penyelidikan terhadap Tun Min Latt.

Putra Min Aung Hlaing, Aung Pyae Sone dan putrinya Khin Thiri Thet Mon, yang bersama ayah mereka telah dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat dan Kanada, tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters. AS mengatakan mereka memiliki bisnis yang "diuntungkan secara langsung dari posisi ayah mereka dan pengaruh jahat".

Kedekatan pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing dengan perdagangan narkoba makin terang setelah gembong narkoba Tun Min Latt ditangkap di Thailand

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close