Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa 5,4 Magnitudo Melanda Laut Flores, Tolong Simak Imbauan Penting BMKG

Sabtu, 23 Juli 2022 – 15:27 WIB
Gempa 5,4 Magnitudo Melanda Laut Flores, Tolong Simak Imbauan Penting BMKG - JPNN.COM
BMKG menyampaikan data pemutakhiran gempa dengan kekuatan 5,4 magnitudo di Laut Flores yang terjadi Sabtu siang (23/7). Ilustrasi - Gelombang tsunami: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan data pemutakhiran gemba di Laut Flores yang terjadi Sabtu siang (23/7).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno menyatakan gempa bermagnitudo (M) 5,4 di Laut Flores pada Sabtu siang memiliki mekanisme pergerakan geser.

Bambang menjelaskan episentrum gempa terletak pada koordinat 7,65° LS ; 122,43° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 94 KM barat laut Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada kedalaman 11 KM.

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal.

"Terjadi akibat adanya aktivitas sesar aktif di Laut Flores. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip )," ujar dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (23/7).

BMKG memerinci gempa bumi itu berdampak dan dirasakan di daerah Ende, Maumere, dengan skala intensitas II MMI - III.

Namun, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Di daerah Larantuka, Lewoleba, Adonara, Mbay-Nagekeo, dengan skala intensitas III MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Bambang menyebutkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG menyampaikan data pemutakhiran gempa dengan kekuatan 5,4 magnitudo di Laut Flores yang terjadi Sabtu siang (23/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close